Tentang blog

Blog ini berisi mengenai materi Bahasa Korea yang ditulis sendiri oleh Penulis. Penulis bukanlah seorang yang ahli dalam Bahasa Korea ataupun mahasiswa pada jurusan Bahasa Korea. Penulis tertarik untuk belajar dan mengembangkan diri termasuk dalam hal mempelajari suatu bahasa.
Dalam penulisan materi yang ada di blog ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, Penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk penyempurnaan tulisan.
Dalam penulisan materi, Penulis menggunakan beberapa referensi, antara lain:

1. Byon Andrew. Basic Korea: A Grammar and Workbook. 1st ed. New York: Routledge; 2009.

2. Mutiara Ira, Kim Hyun Joo. Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan dan Tata Bahasa Korea Bandung: Penerbit Ruang Kata; 2011.

3. Rostineu. 30 Hari Belajar Bahasa Korea dengan Mudah dan Lancar Jakarta: TransMedia Pustaka; 2014.

4. Kim In Seok. Colloquial Korean New York: Routledge; 2004.

5. Lee Chul Young. Essential Grammar for Korean as Second Language. 23rd ed.; 2004.

6. Lestari, Sri Endah Setia. Praktis Korea dalam 1 Minggu. Jakarta: Kesaint Blanc Publishing. 2014.

7. Choo Miho dan Hye Young Kwak. Using Korea: A Guide to Contemporary Usage. Cambridge: Cambridge University Press. 2008.

8. Materi dari www.talktomeinkorean.com

9. Sumber lain yang relevan


Penulis berharap jika ada yang ingin mengambil atau mengutip sebagian dari isi materi harap untuk menyertakan nama penulis sebagai salah satu referensi yang digunakan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku.

Terima Kasih


Senin, 05 Oktober 2015

MEMBUAT KALIMAT SEDERHANA



Tidak jauh berbeda dengan bahasa lain, dalam Bahasa Korea kalimat sederhana terdiri atas subjek, predikat dan objek. Jika dalam Bahasa Indonesia pola kalimat sederhana berbentuk Subjek-Predikat-Objek atau yang dikenal dengan pola kalimat S-P-O. tetapi pada Bahasa Korea pola kalimat menjadi S-O-P. Namun pola kalimat ini tidak selalu digunakan. Hal itu dikarenakan pada Bahasa Korea dikenal adanya penggunaan partikel-partikel tertentu yang dapat membuat posisi subjek, predikat maupun objek berubah.
Partikel yang biasanya berada setelah subjek disebut sebagai parikel penanda subjek. Sedangkan partikel yang berada setelah objek disebut sebagai partikel penanda objek. Partikel penanda subjek adalah /, sedangkan partikel penanda objek adalah /. Selain keduanya hal tersebut, dalam sebuah kalimat sederhana terdapat juga partikel topik. Partikel ini dapat digunakan untuk menentukan topik pembicaraan. Ada kalanya subjek juga menggunakan partikel ini. Partikel topic adalah /. Akan tetapi posisi subjek yang menggunakan partikel ini disebut sebagai topik kalimat.
Dalam Bahasa Korea subjek dan objek biasanya berasal dari kata benda sedangkan predikat dapat menggunakan kata kerja, kata sifat ataupun kata benda yang diakhiri dengan kopula atau akhir kalimat. Kopula atau akhir kalimat dapat berbeda tergantung pada level percakapan ataupun waktu..
Contoh kalimat sederhana
  1. 엄머니가 사과를 사요 
  2. 사과를 어머니가 사요

Tidak ada komentar:

Posting Komentar